Ini Aspirasi Warga Pinabetengan Saat Inggried Sondakh Gelar Reses

Inggried Sondakh saat berdiskusi dengan warga Pinabetengan saat giat Reses

Manadosiana.com, MINAHASA- Anggota DPRD Provinsi Sulut, Ingried J.N. Sondakh melaksanakan Reses di Desa Pinabetengan Selatan Kabupaten Minahasa, Senin 30 April 2018.

Dalam reses yang digelar sekira pukul 16.00 WITA, beberapa aspirasi warga yang dikemukakan antara lain bidang Pariwisata, Pertanian, Perkebunan, Infrastruktur dan Olahraga.

Hengki, salah satu warga meminta memperjuangkan pembuatan Jalan Lapen (Lapisan Penetrasi) untuk Pertanian. Menurutnya, dengan jalan yang baik untuk perkebunan, maka produktivitas petani juga akan meningkat.

“Apalagi jalan perkebunan di daerah ini juga bisa dijadikan jalan destinasi menuju Gunung Soputan,” kata Hengky.

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Pinabetengan Selatan, Franki Singal, meminta Inggried bisa membantu memfasilitasi pendidikan di sekolah secara khusus Sekolah Menengah Umum (SMU) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Singal sendiri menjelaskan jika jalan untuk Petani menuju area perkebunan juga sangat penting agar akses lebih mudah untuk ditempuh.
“Kami juga minta agar ada perhatian untuk para pelaku Usaha Kecil Menengah di bidang Souvenir dengan dilaksanakannya pelatihan guna peningkatan pendapatan para penyedianya,” tutur Singal.

Menanggapi hal tersebut, Inggried Sondakh mengatakan, terkait pembuatan Jalan Lapen adalah tanggung Jawab Pemkab. Namun, akan difasilitasi atau diteruskan ke Pemkab baik melalui Komisi 3 DPRD Sulut atau langsung ke SKPD terkait.

“Untuk pelatihan UKM akan difasilitasi untuk secepatnya di laksanakan pada bulan Agustus 2018 mendatang,” kata Inggried.

Diketahui, Reses yang digelar Inggried Sondakh ini, merupakan yang kedua kali di Pinabetengan dimana tahun 2014 juga sudah pernah dilaksanakan.

Hadir dalam kegiatan Reses ini diantaranya Hukum Tua Desa Pinabetengan Wenly B.F. Lempoy, Para Perangkat Desa, BPD Pinabetengan, LPM Pinabetengan, Dinas Kesehatab Kecamatan Tompaso Barat, Tokoh Agama, Pdt. Efke Piri S.TH, Pendeta Jemaat Kanaan Pinabetengan serta Masyarakat Pinabetengan.

(Feko)

Share This Post