Final Walikota-Perbasi Cup 2018, Celebes Terlalu Tangguh, Rajawali Bersusah Payah Hingga Overtime

Tim Celebes Manado, Juara Klub Putra Walikota-Perbasi Manado Cup 2018

Manadosiana.com, MANADO– Final Walikota-Perbasi Cup 2018 yang diselenggarakan Sabtu 10 November 2018 di GOR Politeknik Manado, menampilkan 2 partai sengit di kategori klub putra dan putri.

Pada final yang disaksikan langsung Ketua Umum Perbasi Kota Manado, dr Richard Sualang, Celebes Manado menunjukan jika mereka pantas dijuluki tim nomor satu di Sulawesi Utara saat ini, setelah berhasil menjungkalkan tim tangguh lainnya Harlex Manado.

Ditonton banyak sekali penggila basket yang datang tak hanya dari Kota Manado ini, Celebes yang digawangi Jeremy Ian Sumanti dan dua pemain PON Rey Mintia dan Claudio Sepang, mereka tampil superior dan berhasil menutup pertandingan dengan skor 56-42.

“Sangat puas dengan hasil ini, gelar champion kembali kita raih,” ungkap Herry Tri Bongkeng Tumuwo. Celebes sendiri kembali mempertahankan gelar juara yang mereka raih di tahun 2017 lalu.

Tim Rajawali, Juara Klub Putri, Walikota-Perbasi Manado Cup 2018

Sementara, di sektor putri, tim Rajawali, harus bersusah payah mengalahkan tim Tombulu di laga Final. Anak asuhan Michael Pangkey ini harus menuntaskan laga hingga babak overtime dengan skor 31-28.

Pertandingan sendiri berjalan sangat seru, dimana kedua tim saling balas mengungguli di 4 quarter. Di quarter keempat, kedua tim berbagi skor 24 sama dan harus dilanjutkan dengan babak overtime. Tapi, ketenangan para pemain Rajawali akhirnya membuat mereka unggul dan mengunci titel Walikota-Perbasi Manado Cup 2018, sekaligus mempertahankan piala yang juga mereka raih tahun sebelumnya.

Sementara, Harlex sendiri walaupun kalah di babak final, akhirnya bisa sedikit tersenyum setelah playmaker andalannya Gregoryo Terok, berhasil menjadi Most Valuable Player (MVP) sepanjang kompetisi.

“Ryo dipilih karena menjadi pemain yang eksistensinya terjaga sejak babak penyisihan hingga final. Walaupun timnya kalah, tapi nilai rata-ratanya begitu baik dibandingkan pemain lainnya,” kata Septyano Sondakh, ketua panitia pelaksana diiyakan Lexie Kojongian, pengawas pertandingan.

Sebelumnya, di kategori pelajar atau SMA, tim SMA Eben Heazer tampil sebagai pemenang, setelah di final menjungkalkan tim PRISMA Manado. Tim yang diasuh Herry Tumuwo ini sendiri benar-benar tampil menjanjikan pada Walikota-Perbasi Cup 2018.

Ketua Umum Pengkot Perbasi Manado dr Richard Sualang yang ikut hadir sejak laga awal serta menutup Piala Walikota Manado 2018, mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang ikut menyukseskan pelaksanaan Piala Walikota Manado 2018.

Sualang yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Manado berharap kompetisi ini bisa berlangsung terus sehingga kompetisi dan pembinaan basket di Manado bisa berjalan baik.

“Semoga kompetisi ini akan makin kompetitif di tahun-tahun selanjutnya,” harapnya.

(isa)

 

Daftar Juara

Umum Putra

1. Celebes

2. Harlex

3. Tombulu

4. Tylex

MVP: Gregoryo Terok (Harlex)

Umum Putri

1. Rajawali

2. Tombulu

3. Celebes

4. GMC

MVP: Je ‘teime Kambey (Rajawali)

Pelajar

1. SMA Eben Haezar

2. SMA Prisma

3. SMA Negeri 1 Manado

4. SMA Negeri 7 Manado

MVP: Mesakh Dotte (Prisma)

Share This Post