Jelang Pemilu, KPU Sortir Ratusan Ribu Surat Suara


Petugas saat melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara di Kantor
KPU Sitaro, Senin (4/3/2019)

Manadosiana.com, SITARO– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sitaro sortir ratusan ribu surat suara untuk pemilihan umum Calon legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden, 17 april mendatang.

KPU menargetkan, penyortiran yang dimulai sejak Senin (4/3), selesai selama sepekan. Pantauan manadosiana.com, penyortiran 276.371 surat suara, dilaksankan sejak pukul 10.00 wita, di kantor KPU Sitaro, Kecamatan Siau Timur, Kelurahan Tarorane.

Salah tahapan Pemilu ini, diawasi langsung Badan Pengawas pemilu, TNI, Polri dan unsur pemerintah daerah.

Dalam penyortiran dan pelipatan surat suara, KPUD Sitaro melibatkan seluruh Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK), di Pulau Siau, dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di wilayah Kecamatan Siau Timur, yakni PPS di Kelurahan Akesembeka, Tarorane, Tetahadeng, dan Bahu.

“Targetnya, perhari petugas bisa menyortir dan melipat sebanyak tiga puluh ribu surat suara,” Ungkap Stevanus Kaaro, Ketua KPUD Sitaro.

Dari pantauan di lapangan para petugas yang masuk ke ruang penyortiran diperiksa oleh petugas kepolisian demi keamanan, sedangkan bagi para petugas penyortiran dan pelipatan di berikan upah dua ratus rupiah per lembarnya.

“Setiap lembar yang dilipat dan di sortir itu di bayar Rp200 per lembarnya,” ujar Kaaro menambahkan.

(frans k)

Share This Post