Bupati Ingatkan Pengelolaan Dana Bencana Harus Hati-hati

Bupati Sitaro, Evangelian Sasingen dan Wakil Bupati Sitaro John Palandung

Manadosiana.com, SITARO– Dana penanganan bencana acap kali menimbulkan persoalan hukum di kemudian hari. Mengenai itu, Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Evangelian Sasingen mengingatkan agar pengelolaan dana bencana harus hati-hati.

“Kita memang harus maksimal dalam penanganan bencana akibat erupsi Gunung Karangetang. Namun, perlu diingat juga pengelolaan dana bencana ini harus hati-hati. Patuhi semua ketentuan yang ada, agar dalam pelaksanaannya semuanya jelas,” kata Bupati di rapat tim Komando Tanggap Darurat daerah.

Menurutnya, banyak kasus yang bermunculan dari pengelolaan dana bencana. Biasanya menurut Sasingen, terjadi setelah penanganan bencana, dimana jika ada kesalahan kecil saja, akan rentan persoalan hukum.

“Meskipun kadang kala hanya pada kesalahan administrasi tapi itu bisa buat kinerja jadi menurun. Mengurusi warga yang sekarang jadi pengungsi bukanlah pekerjaan mudah. Butuh kesabaran, perhatian sekaligus ketelatenan. Untuk itu bagi instansi pengelola dana bencana, saya ingatkan lagi agar tetap konsisten dan komitmen pada aturan,” ucapnya.

Di satu sisi ia menambahkan, perkiraan kerugian akibat bencana ini ada di kisaran Rp30an miliar. Namun itu hitungannya pada kerusakan infrastruktur yang belum lama di bangun.

“Itu hitungan kasar kerugian infrastruktur, namun perhitungan keseluruhan jumlahnya lebih dari itu,” pungkasnya.

(frans K)

Share This Post