Bawaslu Sitaro Gelar Sosialisasi Pengawasan Tahapan Kampanye Rapat Umum, Media Massa dan Media Sosial

Ketua Bawaslu Sitaro, Fidel Malumbot saat memberikan penjelasan dalam kegiatan Sosialisasi pengawasan tahapan Kampanye Rapat Umum, Media Massa dan Media Sosial di Siau

Manadosiana.com, SITARO– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kepulauan Sitaro, menggelar sosialisasi pengawasan tahapan Kampanye Rapat Umum, Media Massa dan Media Sosial untuk Calon Legislatif, Calon Presiden dan Wakil Presiden, pada pemilu 2019.

Kegiatan ini diselenggarakan di aula lantai tiga little House, Ulu Siau, Selasa (12/3/2019).

Sosialisasi ini penting dilaksanakan, karena Bawaslu melihat adanya potensi kerawanan dalam tahapan kampanye Rapat Umum, Media Massa, dan Media Sosial Calon Legislatif baik DPR RI, DPD, DPR Provinsi, dan DPRD kabupaten atau kota, serta Calon Presiden dan Wakil Presiden yang dimulai 24 Maret hingga 13 April mendatang.

Adapun target sosialisasi yang dilaksanakan, adalah kepada Panitia pengawas Kecamatan atau Panwascam, para pengurus partai politik, dan insan pers di Kepulauan Sitaro.

“Sosialisasi ini diharapkan bisa memberikan edukasi kepada seluruh pihak untuk tidak melakukan kegiatan yang melanggar aturan, dan terindikasi pelanggaran pemilu,” kata ketua Bawaslu Sitaro, Fidel Mulumbot.

Menurut Malumbot, selain tahapan kampanye rapat umum, iklan di media massa serta media sosial juga tidak luput dari pengawasan, dimana dalam aturannya, iklan harus sesuai ketentuan yang diberikan KPU.

“Ini juga penting diketahui oleh teman-teman pers, agar nanti tidak bermasalah terkait dengan penayangan iklan,” tutur Malumbot.

Selain itu, pihak bawaslu, juga mewarning pihak pengurus parpol untuk membantu pengawasan dalam tahapan kampanye rapat umum untuk tidak menghadirkan warga yang jelas dilarang, seperti anak-anak dan aparatur sipil negara.

“Perlu jadi perhatian, karena walaupun dianggap sepele, tapi ini ada tindakan hukum yang jelas,”tutur Malumbot kembali.

Dalam sosialisasi ini, Badan Pengawas Pemilihan Umum juga menghadirkan pihak Komisi Pemilihan Umum Kepulauan Sitaro, yang memberikan materi terkait dengan teknis pelaksaan Rapat Umum, Media Massa dan Media Sosial.

(frans k)

Share This Post

Post Comment