Aktivitas Gunung Karangetang Masih Tinggi, Lava Terus Dimuntahkan

Lelehan Lava Gunung Karangetang yang telah mencapai laut (foto: Frans K)

Manadosiana.com, SITARO– Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang, di Kampung Salili, Kecamatan Siau Tengah, mengatakan Aktifitas Gunung Api Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), masih tinggi.

Hingga Kamis (7/2/2019) Pantauan gunung api karangetang dari laut dengan menggunakan kapal KN Bima Sena, milik Kantor SAR Manado , visual jalur lava terlihat jelas, dengan sesekali terlihat longsoran, yang jatuh ke laut.

Terpantau juga asap tebal terlihat di lelehan lava yang ada di pinggir pantai. Namun demikian, statusnya masih level tiga atau siaga.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Karangetang, Didi Wahyudi, Kamis 7 Februari 2019, menyampaikan aktiiftas gunung karangetang hingga saat ini masih tinggi.

“Khususnya untuk guguran lava, untuk enam jam terakhir terdata guguran lava terjadi selama sebelas kali, sejak pukul 06.00 wita sampai 12.00 wita. Sementara untuk hembusan asap terjadi sebanyak sepuluh kali,” kata Wahyudi.

Wahyudi mengungkapkan, sesuai dengan data yang terlihat saat ini, Gunung Karangetang masih berpotensi terjadi erupsi lagi.

“Untuk itu, sesuai rekomendasi yang dikeluarkan oleh PVMBG di Bandung, warga Kampung Batubulan dan Kawahang khususnya di dusun Niambangeng, harus dievakuasi,” lanjut Wahyudi.

Diketahui, Lelehan lava Gunung Karangetang memutus jalur utama warga di Kampung Batubulan pada 4 februari 2019, sekira pukul 18.00 Wita. Seusai data, sebanyak 190 warga sudah dievakuasi di dua titik berbeda.

Untuk warga saat ini diungsikan di dua titik berbeda yakni di kampung batubulan dan juga di shelter BPBD di Kelurahan Paseng.

(frans k)

Share This Post