Dikda Sulut Optimis Raih Banyak Medali di OSN

Dinas Pendidikan Daerah Sulawesi Utara saat melakukan sosialisasi OSN di kegiatan MKKS se Kota Manado

Manadosiana.com, MANADO– Tahun 2019 ini, Sulawesi Utara kembali akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat nasional. Sebelumnya beberapa tahun lalu, Sulut juga pernah menjadi tuan rumah OSN.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut melalui Kepala Bidang Pembinaan SMA, Arthur Tumipa saat menghadiri MKKS SMA Se-Kota Manado Kamis (21/2) menjelaskan, sebagai tuan rumah pelaksanaan OSN kali ini, maka Dikda Sulut terus berbenah.

“Ya kalau tahun lalu kita meraih 4 emas dalam OSN, maka sebagai tuan rumah kita harus bisa meraih emas lebih dari pada itu,” ungkapnya.

Kata Arthur, mulai dari tingkat sekolah yaitu para siswa harus diberikan peningkatan SDM dan mereka yang berprestasi wajib diberikan penghargaan.

Arthur Tumipa menjelaskan, pelaksanaan OSN akan dimulai dari tingkat Kabupaten dan Kota yaitu pada 27 Februari 2019 dan tingkat provinsi akan berlangsung pada bulan April sampai Mei 2019 dan tingkat nasional akan berlangsung di Sulut yaitu pada 30 Juni sampai 6 Juli 2019.

“Sulut telah siap menjadi tuan rumah pada OSN tingkat nasinal dan mari kita buat yang terbaik,” kata dia.

Lanjut Tumipa, sambil berharap kepada para Kepala Sekolah agar bisa menyiapkan siswanya yang terbaik sehingga bisa berprestasi dan para siswa dilatih kembali sebelum diutus.

Sementara Kepala SMA Negeri 7 Manado, Grace Lowing MPd menyampaikan, dalam OSN tingkat Kota Manado siswanya akan diikutkan di semua mata pelajaran yang akan di lombakan.

“Setiap mata pelajaran ada 3 siswa yang kami kirim untuk 9 mata pelajaran yang akan dilombakan,” ungkapnya.

Kata dia, dirinya berharap para siswanya bisa lolos di OSN tingkat Kota Manado sampai ke Provinsi dan nasional.

Dapat diketahui, ke-9 mata pelajaran yang akan dilombakan dalam OSN yaitu, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Kebumian, Geografi, Astronomi dan Komputer.

(zul)

Share This Post