Syarif Darea, Ternyata Pelapor di DKPP yang Berharap Imba Digugurkan

Manadosiana.com, MANADO – Teka-teki siapa sebenarnya pelapor yang ingin Jimmy Rimba Rogi gugur dalam pencalonannya sebagai Calon Walikota Manado periode 2015-2020 terungkap sudah.Hal ini setelah wartawan manadosiana.com melakukan penelusuran dan menemukan surat tanda terima pelapor di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Adalah Syarif Darea, yang mengaku berprofesi sebagai wartawan atau penyiar radio, sebagai orang yang inginkan Rogi dianulir. Bahkan, untuk memuluskan keinginannya tersebut, Syarif Darea melaporkan Panwas Kota Manado ke DKPP.

Dalam surat aduan ke DKPP nomor 109/I-P/L.DKPP/2015, tertulis jelas nama Syarif Darea sebagai pengadu dan yang diadukan atau teradu adalah Ketua dan Anggota Panwaslu Kota Manado.

Dalam delik aduannya, Syarif Darea menuding Panwas Kota Manado tidak melakukan pengawasan terkait verifikasi berkas bakal calon Walikota Jimmy Rimba Rogi yang dilakukan oleh KPUD Kota Manado.

Dalam keterangan yang berhasil diperoleh manadosiana.com, selain menyoal mengenai status bebas murni Jimmy Rimba Rogi, Syarif Darea juga menyoal mengenai surat keterangan ijazah dari Jimmy Rimba Rogi yang digunakan saat mendaftar sebagai calon Walikota Manado.

Sementara, rencananya akibat laporan dari Syarif Darea tersebut, pihak Panwaslu Kota Manado saat ini tengah menjalani sidang di DKPP untuk mengklarifikasi tudingan-tudingan yang disampaikan oleh Syarif Darea dalam aduannya.

Sebelumnya, Panwaslu Kota Manado telah mengeluarkan putusan yang menguatkan penetapan KPUD Kota Manado terkait dengan pencalonan Jimmy Rimba Rogi.

“Pada pukul 13:00 wita atau jam 3 sore tadi, kami sudah menerima surat rekomendasi dari Panwaslu dengan nomor 3/Panwaslu/X/2015 yang isinya berdasarkan berbagai dasar hukum dan kajian, penetapan Imba-Boby telah memenuhi ketentuan yang berlaku,” kata Eugenius Paransi, ketua KPUD Kota Manado, Kamis 22 Oktober 2015 lalu.

(21/23)

Share This Post