Paslon Ini Gunakan Area Publik Untuk Kampanye, Panwas Harus Tegas

Manadosiana.com, MANADO – Panitia Pengawas Pilkada Kota Manado diminta untuk bertindak tegas terkait dengan pelanggaran yang dilakukan oleh para pasangan calon (Paslon) terkait dengan kampanye.

Salah satu yang paling mendapatkan sorotan adalah penggunaan area publik dan bukan tempat pemasangan alat peraga, seperti yang dilakukan oleh pasangan calon nomor urut 1, Harley AB Mangindaan dan Jemmy Asiku.

Pasangan yang diusung koalisi partai Gerindra dan Hanura ini menggunakan area publik dalam hal ini memasang alat kampanye berupa video berukuran jumbo tepat di halaman IT Center Manado, jalan Boulevard yang merupakan area publik.

Sebuah papan iklan video menampilkan slide pasangan yang berslogan Bersih dan Merakyat ini, mulai dari kegiatan pendaftaran, penetapan pasangan hingga ke kampanye di papan iklan video yang langsung dilihat oleh masyarakat umum.

“Panwas harus tegas. Ini pelanggaran yang sangat besar. Seharusnya sudah di diskualifikasi karena selain melanggar aturan tempat pemasangan alat peraga, bentuk alat peraga, penggunaan area publik dan banyak lagi yang sudah diatur dalam undang-undang,” kata Maxi Tamanggele, Pedi Rugian dan sejumlah pemerhati dan aktivis muda di Kota Manado.

Menurut para aktivis muda ini, pelanggaran tersebut tergolong seperti melecehkan aturan yang sudah ada, sehingga Panwas seolah-olah telah kongkalingkong dengan pasangan ini.

“Ini iklan sudah sangat lama dipasang, di tempat umum dan sangat terbuka jelas, tapi tak ada action dari Panwas. Apakah ini ada kongkalingkong atau bagaimana,” kata Rugian diiyakan rekan-rekannya.

(21)

Share This Post