Keluhan Soal Harga Kopra Disampaikan Warga Saat Reses Judie Moniaga

Suasana reses yang digelar oleh Anggota DPRD Sulut, Juddy Moniaga

Manadosiana.com, MINSEL– Persoalan penurunan harga Kopra yang terjadi di Sulawesi Utara menjadi topik utama saat anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Juddy Moniaga menggelar reses perdananya di tahun 2018, awal pekan ini.

Reses yang dilaksanakan di 3 lokasi masing-masing di Amurang Satu, Desa Motoling 1 dan Pinaesaan, semua warga yang hadir mengeluhkan harga kopra yang terjun bebas hingga 50 persen dari harga biasanya.

“Saat ini kami tinggal menjual kopra dengan harga Rp6.800 per kilo. Padahal dulu itu kami jual Rp14 ribu per kilo. Jadi ini begitu terasa penurunannya,” tutur beberapa warga.

Menanggapi hal tersebut, Juddy Moniaga berharap agar pemerintah provinsi Sulawesi Utara, bisa memperhatikan persoalan tersebut, mengingat dengan menurunnya harga jual kopra, akan banyak masyarakat yang mengalami kerugian.

“Tidak bisa dipungkiri di Minahasa Selatan itu, kopra masih jadi sesuatu yang menopang hidup. Nah, dengan turunnya harga ini harusnya pemerintah bisa mencari terobosan baik agar menstabilkan harga. Apalagi harga minyak goreng tetap tinggi di pasaran, sementara ternyata kopra malah turun harganya,” kata Moniaga.

Selain kopra, warga juga mengeluhkan persoalan air bersih. Warga mengharapkan Pemerintah Provinsi Sulut bisa dapat membantu lewat pemabangunan sumber air bersih.

“Air ini penting, jadi harusnya jadi perhatian lebih,” kata politisi Partai Gerindra ini kembali.

Sementara, di Desa Motoling warga berharap ada alat-alat pertanian, serta bantuan ternak ayam. Petani juga berharap tenaga-tenaga penyuluh dari Pemerintah Pemprov Sulut lebih profesional agar petani tahu persis cara penggunaan pupuk yang baik.

“Karena menurut petani, penyuluh dari Pemprov Sulut tidak profesional akibatnya banyak petani yang gagal panen,” tutur Ketua Fraksi Gerinda DPRD Sulut ini.

“Dan ini masukan yang berharga, dimana akan diperjuangkan aspirasi yang disampaikan masyarakat,” katanya kembali.

(Feko)

Share This Post