Ada Apa dengan Bawaslu RI?

Manadosiana.com, MANADO – Masyarakat mulai bertanya-tanya dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, yang terkesan mulai berjalan sesuai dengan keinginan sejumlah pihak yang diduga melakukan intervensi terhadap lembaga pengawasan penyelenggaraan Pemilu ini.

Hal ini setelah Bawaslu RI secara tiba-tiba melakukan manuver dengan memberhentikan komisioner Panwaslu Kota Manado dan menyerahkan kewenangan kerja Panwas Manado ke pihak Bawaslu Sulawesi Utara.

Pengambilan keputusan tersebut diduga disebabkan oleh Panwaslu Kota Manado memilih untuk mengeluarkan rekomendasi jika pencalonan Jimmy Rimba Rogi telah sesuai dimana rekomendasi tersebut menguatkan keputusan KPUD Kota Manado terkait penetapan calon.

“Kami bingung dengan Bawaslu RI yang keputusannya membingungkan. Kemarin menyuruh Panwas Manado untuk mengeluarkan rekomendasi. Giliran rekomendasi keluar, Panwaslu dibekukan dan diserahkan ke Bawaslu Sulut. Jangan-jangan kalau sudah ada rekomendasi lagi, Bawaslu Sulut juga diambil alih tugasnya,” kata Sonny Samsudin, tokoh muda di Teling.

Sementara, para pengurus AMPI Manado menyuarakan agar pihak Bawaslu RI tidak terlalu mencampuri urusan Pilkada Manado, mengingat sudah ada 2 lembaga pemilu yang dibantu para staf ahli yang memiliki kajian dan punya kompeten di daerah untuk menyelenggarakan Pilkada.

Wakil Ketua Adolof Budiak dan Lucky Takalamingan mengatakan jika mereka meminta kepada pihak-pihak yang terus berupaya menggagalkan pencalonan Jimmy Rimba Rogi, untuk tidak merusak demokrasi di Kota Manado dengan melakukan cara-cara intervensi hingga ke tingkat pusat.

“Kami mengecam segala tindakan yang akan merusak demokrasi di Kota Manado. Seharusnya mereka itu sadar dan menghormati penetapan KPU yang telah dikuatkan oleh rekomendasi Panwaslu Kota Manado,” ujar keduanya.

Sementara Komisioner Bawaslu RI Nasrullah yang dihubungi wartawan mengatakan jika pihaknya sudah meminta kepada Bawaslu Sulut untuk membekukan sementara Panwaslu Kota Manado.

Menurut Nasrullah, pihaknya kini menyerahkan sepenuhnya kepada Bawaslu Sulut untuk menyampaikan hal-hal terkait dengan pengawasan Pilkada di Manado, termasuk diberikan kewenangan untuk mengumumkan hasil rekomendasi dari Bawaslu terkait pencalonan Jimmy Rimba Rogi.

“Bawaslu RI memandang ada ketidaktaatan Panwas Kota Manado terhadap apa yang diinstruksikan,” kata Nasrullah.

(21)

Share This Post