4 April, Legislator Sulut Gelar Reses Pertama Tahun 2019

Gedung DPRD Sulut. Insert foto Sekretaris DPRD Sulut, Bartolomeus Mononutu.

Manadosiana.com, MANADO – 4 sampai 12 April 2019, 45 Legislator Sulut akan menjumpai konstituen (Masyarakat) di masing-masing Daerah Pemilihan (Dapil) di 15 Kabupaten dan Kota untuk menyerap aspirasi (Reses) pertama tahun 2019.

“Reses pertama di tahun 2019 akan dimulai pada 4 April sampai 12 April. Jadi, Pimpinan dan anggota DPRD Sulut akan turun di masing-masing Dapil di 15 Kabupaten/Kota untuk menyerap aspirasi masyarakat,” ujar Sekretaris DPRD Sulut, Bartolomeus Mononutu, kepada manadosiana.com belum lama ini.

Untuk anggaran Reses, lanjut Mononutu mengatakan, setiap Anggota DPRD Sulut akan dibekali dana sebesar Rp43 juta. Dan, dananya akan diberikan kepada staf-staf pendamping dari Anggota Legislator.

“Anggarannya, Rp45 juta tiap anggota, tapi dipotong PPH menjadi Rp43juta. Nanti anggarannya langsung di transfer ke tiap-tiap staf pendamping Anggota DPRD,” tukasnya.

Mononutu menjelaskan, Reses anggota legislatif ini sesuai dengan Undang-Undang No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, tujuan reses adalah anggota dewan menggali masukan-masukan saran, pendapat dari konstituen.

“Reses ini merupakan kewajiban bagi anggota DPRD turun ke dapil untuk bertemu konstituen, menjaring informasi, menghimpun aspirasi, kemudian disalurkan kepada instanti terkait,” ujar pria murah senyum ini.

Lebih lanjut, Mononutu menuturkan bahwa, dari suara-suara masyarakat yang berhasil dihimpun melalui reses tersebut, nantinya akan direkap dan dibuat laporannya, diteruskan pada pimpinan dewan.

“Saya berharap kegiatan reses ini berjalan dengan lancar, terutama saat pertemuan dengan konstituen guna mendapatkan masukan-masukan positif terhadap kegiatan pembangunan di Sulut sehingga bisa menjadi bahan bagi anggota dewan untuk melakukan pemetaan kembali program-program pembangunan di Sulut selanjutnya,” pungkas Mononutu.(eboy)

Share This Post