Ivan Sarundajang: Kejayaan Musik Tradisional Minahasa Perlu Dikembalikan

Anak-anak memainkan musik bambu di hadapan calon bupati Minahasa, Ivan Sarundajang

Manadosiana.com, MINAHASA– Calon Bupati Minahasa yang diusung Partai Golkar, Ivan Sarundajang menyatakan kekagumannya terhadap semangat anak-anak di Desa Koha Kecamatan Mandolang yang mahir memainkan alat musik bambu clarinet bersama dengan orang-orang yang jauh lebih dewasa.

Para anak muda ini terlihat tidak canggung memainkan alat musik tradisional tersebut walaupun harus bermain dengan orang tua yang terpaut usia hingga sekira 20 sampai 30 tahun.

Menurutnya, apa yang dilakukan anak-anak tersebut semata-mata diyakini bukan karena orangtua atau kakaknya seorang pemain alat musik tersebut, melainkan karena kecintaan untuk melestarikan seni budaya daerah.

“Saya tahu bahwa kejayaan musik tradisional Minahasa saat ini sepertinya perlu dikembalikan ke tempatnya semula. Minahasa pada acara 100 tahun Haul Bung Karno di Stadion Utama Senayan waktu itu, ribuan pemain alat musik ini tumpah ruah dan mengharumkan nama daerah. Jadi tugas pemerintah ke depan untuk mengangkat kembali potensi daerah,” ungkap Sarundajang.

Ditambahkannya, sesuai dengan visi dan misi pasangan Caon Bupati Ivan Sarundajang dan Wakil Bupati Minahasa Careig Naichel Runtu yang diusung Partai Golkar, NasDem dan PKPI, dimana faktor budaya termasuk didalamnnya musik tradisional menjadi salah satu perhatian serius untuk dipertahankan dan dilestarikan dengan segala potensi yang ada pada setiap desa di Minahasa.

Ivan Sarundajang dan Careig Naichel Runtu, Jumat (20/4/2018) disambut hangat masyarakat saat melakukan kampanye blusukan di Desa Agotey dan Koha Kecamatan Mandolang.

(isa)

Share This Post