Desa Tambala Ternyata Mempunyai Destinasi Wisata Air Terjun Yang Belum Tersentuh Pemerintah

Manadosiana.com, MINAHASA –Desa Tambala, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa ternyata memiliki tempat wisata jarang orang ketahui yakni air terjun Tambalean yang sampai saat ini belum tersentuh oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa. Hal ini terungkap saat Reses I tahun 2019 Wakil Ketua DPRD Sulut, Wenny Lumentut, Sabtu (6/4/2019).

Untuk itu, masyarakat melalui Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Wenny Lumentut bermohon agar Pemerintah memperhatikan tempat wisata tersebut dengan membangun akses jalan menuju air terjun Tambalean.

“Berkaitan dengan program sektor dari pariwisata, kebetulan Desa Tambala merupakan desa pariwisata, dimana di desa kami ada dua air terjun Tambalean dimintakan untuk bapak bisa membantu akses jalan masuk ke air terjun kurang lebih panjangnya 2 kilometer,” ujar Sofian Mahmud, yang juga merupakan kepala urusan Pembangunan Desa Tambala.

Menanggapi aspirasi tersebut, Wenny Lumentut mengatakan agar warga dapat bekerjasama dengan perangkat desa dan Hukum Tua untuk dapat mengukur, menggambar serta menjelaskan tanah tanah yang akan dilewati menuju air terjun.

“Untuk itu, agar supaya hal ini dapat terwujud bapak bisa bekerjasama dengan perangkat desa dan Hukum Tua untuk dapat mengukur, menggambar serta menjelaskan tanah tanah yang akan dilewati serta tanda tangan dan saya akan memperjuangkan itu untuk diteruskan di dalam program kami di DPRD provinsi,” ujar Ketua DPD Partai Gerindra Sulut ini.

Meski belum adanya program terkait pembangunan di area wisata air terjun Tambalean, lanjut Wenny berjanji bahwa maka dirinya siap membantu untuk mengawal aspirasi ataupun program yang dimaksud.

“hal tersebut merupakan kewenangan dari pemerintah kabupaten/kota. Untuk sekarang belum ada program tersebut. Namun saya berjanji kepada warga kalaupun itu belum atau memang itu kewenangan dari kabupaten/kota saya akan membantu mengawal untuk dilaksanakan,” ungkap Wenny seraya meyakini, program akses-akses pariwisata programnya ada di DPRD provinsi itu.

Diketahui, dalam Reses yang dilaksanakan di Lapangan Desa Tambala dihadiri oleh 790 warga, selain pembangunan akses jalan pariwisata air terjun Tambalean, warga juga mengeluhkan agar pemerintah membangun tambatan perahu, renovasi balai Desa Tambala, pembangunan pemecah ombak di perbatasan Desa Tambala dan Borgo, bantuan kepada tokoh-tokoh agama, bantuan beasiswa kepada mahasiswa. Selain menyerap aspirasi masyarakat, Wenny Lumentut juga memberikan bantuan kepada ibu-ibu pengurus rukun yang ada di Desa Tambala.(eboy)

Share This Post