Terima Demo MayDay, Sualang Janji Tuntaskan Persoalan Buruh Sampah di Manado

Wakil Ketua DPRD Kota Manado Richard H Sualang saat berdiskusi dengan massa aksi buruh

Manadosiana.com, MANADO– Wakil Ketua DPRD Kota Manado dr Richard H Sualang menerima langsung aksi para buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera (KSBSI), di halaman parkir kantor DPRD Kota Manado, Senin 30 April 2018.

Sualang sendiri melakukan diskusi dengan para pendemo yang terdiri dari banyak sekali gabungan organisasi buruh dari seluruh Sulawesi Utara. Dalam diskusi tersebut, Sualang langsung merespon perihal tuntutan buruh yang mempersoalkan perhatian Pemerintah Kota Manado kepada buruh sampah.

Kepada Sualang, para buruh ini menyebutkan jika ada 1.100 tenaga buruh yang hingga saat ini tidak mendapatkan perlakuan baik, termasuk status yang hanya tenaga harian lepas tanpa ada pertanggungan jaminan sosial untuk para buruh tersebut.

“Dalam beberapa tahun ini Pemerintah Manado mengangkat pekerja khusus sampah, sebagai tenaga harian lepas yang berjumlah sekitar 1.100 orang, tapi tidak diperhatikan kesejahteraannya karena tak diberikan hak-haknya sebagai pekerja,” tutur ketua KSBSI Manado, Charles Romel Sondakh.

Menurut Sondakh, banyak juga perlakuan sepihak yakni dipecat dan pekerjannya tak lagi diperpanjang.

“Kami menyesalkan, ketika pemerintah mengeluarkan aturan tentang tidak ada lagi tenaga kontrak, di Pemerintah Kota Manado malah memberlakukannya,” kata Sondakh kembali.

Sualang sendiri mengatakan pihaknya memperhatikan nasib para buruh dan tidak pernah ada yang diabaikan. Bahkan, menurutnya semua persoalan yang masuk ke kantor DPRD Kota Manado langsung cepat direspon.

“Terima kasih kepada para buruh. Kami terus terang menerima semua masukan yang sudah disampaikan dan akan mengadakan rapat dengar pendapat pada 3 Mei nanti dengan menghadirkan seluruh pemangku kepentingan sehingga masalah yang diadukan bisa dibahas bersama,” kata Sualang.

(isa)

Share This Post