Richard Sualang Usulkan Pemerintah Bentuk Instansi Khusus Tangani Kebersihan dan Sampah

Richard Sualang

Manadosiana.com, MANADO– Kota Manado mendapatkan predikat sebagai Kota Besar terkotor se Indonesia. Predikat ini diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Hal ini menjadi perseden buruk, karena Kota Manado dikenal sebagai kota yang banyak dikunjungi wisatawan.

Melihat itu, Wakil Ketua DPRD Kota Manado dr Richard Sualang menilai harus ada instansi khusus yang menangani persoalan Kebersihan dan Pengelolaan Sampah di Kota Manado.

Tak hanya persoalan predikat terkotor, menurut Sualang, instansi ini urgent karena kini Kota Manado rawan terjadi banjir, dikarenakan banyak saluran air yang tidak baik.

“Instansi ini harus fokus mengurus kebersihan dan sampah,” tutur Sualang.

Sualang juga mengungkapkan jika ada instansi khusus tersebut, maka pemberian anggaran yang besar untuk melakukan pengelolaan sampah dan kebersihan, bisa terukur apakah tepat sasaran atau tidak.

Lanjut menurut politisi PDI Perjuangan yang akan maju sebagai anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara daerah pemilihan Kota Manado ini, selain adanya instansi khusus tersebut, perlu juga di push pelaksanaan kegiatan kebersihan di tiap-tiap kecamatan dan kelurahan.

“Semangat ini harus dimunculkan kembali. Jangan sampai, daerah yang baik, kemudian ternodai dengan predikat kotor dan ini tingkat nasional,” tutur Sualang yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Manado ini.

(isa)

Share This Post