Panwaslu Temukan Indikasi Politik Uang di Kampanye Pasangan Calon

Manadosiana.com, MANADO – Panwaslu Kota Manado menemukan adanya indikasi pelanggaran politik uang di beberapa kampanye yang dilakukan oleh salah satu pasangan calon yang beberapa 2 pekan terakhir menggelar kampanye tatap muka di wilayah Manado tengah dan utara.

Walaupun masih dalam proses pengkajian, tetapi pihak Panwaslu Kota Manado mengaku telah dilecehkan, mengingat pasangan ini melakukan hal yang sama berulang-ulang walaupun sudah ditegur oleh Panwaslu Kecamatan.

Dikatakan pimpinan Panwaslu Kota Manado Stanley Kho Walandouw yang turun di wilayah Manado tengah, dalam kampanye yang dilakukan Paslon tersebut secara terang-terangan, selipkan uang dalam brosur, dan modus lain juga ada setelah Panwas pulang baru mereka bagi-bagi uang.

“Saat turun langsung dengan Panwascam dan PPL, kami dapati ternyata ada terindikasi pengumpulan KTP disertai dengan penggantian uang transport sebesar Rp50 ribu.”

“Yang paling membuat Panwas dilecehkan, saat itu juga Panwascam sudah beritahukan identitasnya guna mencegah terjadinya pembagian uang, namun tetap saja dibagikan,” ujar Walandouw kembali.

Sementara, pimpinan Panwaslu Roy Laya yang mengawas di wilayah Manado Utara, mereka telah memiliki bukti-bukti pembagian uang tersebut.

“Ini jadi temuan dan kami akan proses. Sanksinya pidana, kemudian pembatalan sebagai calon. Kami ada bukti foto-foto, dan melihat langsung. Kita klarifikasi dulu, panggil saksi-saksi dan lakukan kajian. Karena ini sudah berulang. Kemudian akan diserahkan ke Kepolisian karena itu pidana,” tutur Laya kembali.

(23)

Share This Post