Klaim Berhasil Soal Bantuan Banjir, Aktivis: Harusnya Lumentut Malu

Manadosiana.com, MANADO – Munculnya pemberitaan di sejumlah media massa soal klaim dari Walikota GS Vicky Lumentut terkait dana bantuan banjir yang katanya berhasil dilobi untuk dicairkan oleh pemerintah pusat, dikritik sejumlah aktivis muda di Kota Manado.

Menurut mereka, seharusnya GS Vicky Lumentut malu dengan klaim berhasil tersebut. Pasalnya, bukan persoalan bantuan yang harus dibangga-banggakan, tetapi kegagalannya membuat Kota Manado terhindar dari bencana seperti banjir bandang.

“Kalau hanya bantuan, pengemis saja kalau meminta-minta pasti dapat bantuan. Tapi bisa dikatakan berhasil jika bencana itu bisa diantisipasi, itu baru bilang berhasil,” kata Azwar Husain, Reynald Ointoe dan beberapa aktivis muda lainnya.

Menurut para aktivis ini, selain tak mampu meminimalisir bencana besar, pemulihan pasca bencana juga sangat lambat sehingga membuat banyak masyarakat yang menjadi lebih susah karena lambatnya pemerintah memulihkan kondisi pasca bencana.

“Buktinya sampai sekarang jelas sekali, sudah hampir 2 tahun bencana, jembatan dendengan tidak jadi, banyak saluran tidak diperbaiki dan banyak lagi. Jadi, kalau soal bantuan itu bukan tolak ukur keberhasilan.”

“Dan soal bantuan yang katanya akan segera dicairkan, itu sudah sangat terlambat, karena ketika warga benar-benar butuh, justru tidak ada. Nanti sekarang jelang Pilkada diusahakan dan diklaim berhasil. Jangan lagi bodohi masyarakat,” kata para aktivis muda dari beberapa perguruan tinggi di Manado ini.

(23)

Share This Post