Ini Penyebab Pleno Rekapitulasi KPU Sulut Molor

Manadosiana.com, MANADO – Pelaksanaan Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Perolehan Suara di Tingkat Provinsi oleh KPU Sulut molor. Hal ini disebabkan masih menunggu proses rekapan dari KPU Manado yang diduga bermasalah.

“Kita masih menunggu untuk KPU Kota Manado, seharusnya pleno rekapitulasi ini sudah selesai hari ini (Rabu malam), tapi Kota Manado belum selesai, jadi kita menunggu Kota Manado selesai baru kita tuntaskan,” ujar Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh kepada sejumlah wartawan usai pelaksanaan rekapitulasi dan penetapan hasi suara Pemilu 2019 di tingkat Provinsi untuk Kota Kotamobagu yang dilaksanakan di Hotel Peninsula Manado, Kamis (9/5/2019) dini hari.

“Di Manado masih menunggu rekap Kota masih ada dua kecamatan, itu kita tunggu. Kita targetkan besok (Kamis) selesai,” tambahnya.

Ardiles mengakui bahwa proses rekap KPU Manado lambat. Untuk itu pihaknya terus melakukan pemantauan terkait beberapa persoalan yang terjadi.

“Kita masih melakukan pemantauan, monitoring, sejauh ini masih berjalan, memang agak pelan karena KPU Manado masih menyelesaikan beberapa persoalan. Besok kita akan evaluasi kembali,” tegasnya.

Ketika ditanya apakah akan di take over oleh Bawaslu, Ardiles menjawab bahwa prosesnya tidak sampai disitu, pihak KPU Sulut masih memberikan waktu.

“Tidak akan di take over, kita masih diberi waktu. Besok (hari ini) kita evaluasi lagi,” tuturnya.

Pada prinsipnya , lanjut Ardiles menjelaskan bahwa 14 Kabupaten Kota sudah di bacakan semua oleh KPU Sulut, tinggal Kota Manado yang belum dibacakan.

“Tinggal ada beberapa kabupaten kota yang kita pending untuk melakukan pencermatan data, dan hari ini akan kita tampilkan untuk koreksi data. Tapi bukan data perolehan suara, data pemilih yang salah tulis, salah input dari TPS, besok kita akan cermati dan sahkan,” terangnya.(eboy)

Share This Post

Post Comment