Ini Kendala Jalannya Pleno Rekapitulasi PPK Wanea

Manadosiana.com, MANADO – Tidak beresnya pengisian form C1 (Catatan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS)
oleh Kelompok Penyelenggara Pemilu (KPPS) di beberapa Kelurahan menjadi kendala terhambatnya jalannya Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) Tahun 2019 di Kecamatan Wanea.

“Ini kendalanya, tidak beresnya pengisian form C1 Plano di tingkat KPPS,” ujar Ketua PPK Wanea, Deisy Wewengkang, Senin (29/4/2019) malam.

Dengan adanya kendala tersebut, lanjut Deisy menjelaskan, mengikuti prosedur, apabila tidak menemukan hasil yang cocok pada pengisian form C1, maka diharuskan membuka Plano yang ada di dalam kotak surat suara, dan apabila dalam Plano tidak ditemukan juga maka, pihak PPK dan PPS, disaksikan Panwas dan para saksi harus menghitung kembali surat suara.

“Dan, itu tidak bisa di pungkiri, tidak bisa ditutup-tutupi, di Kecamatan Wanea ada banyak TPS terpaksa harus menghitung kembali surat suara. Dan, setelah dihitung kembali surat suara, masalah-masalah administrasi, soal pengisian itu, akhirnya terselesaikan,” ungkapnya.

Selain kendala tersebut, menurut Deisy, di Kecamatan Wanea tidak ada hal yang mengganggu jalannya proses Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara, semuanya telah dapat terselesaikan.

“Karena memang data-data itu ada di dalam kotak surat suara.Tinggal kita mencarinya lagi kemudian mencari dan merumuskan di dalam form C1,” terangnya.

Lebih lanjut, Deisy menegaskan, pihaknya tidak pernah merubah isi form C1 hologram hasil dari TPS, yang dikoreksi adalah formulir DAA1 (Kelurahan/Desa).

“Untuk form C1 hologram itu tidak di ubah, yang dirubah adalah formulir DAA1. Sekali lagi, form C1 hologram tidak kami ubah, karena itu hasil dari TPS. Yang disesuaikan adalah penulisan plano DAA1, dari DAA1 ini kita akan salin ke DA1 plano untuk mendapatkan jumlah keseluruhan di kecamatan Wanea,” tegasnya.

Diketahui, sampai dengan hari ke sembilan pelaksanaan Pleno Rapitulasi Perhitungan Suara PPK Wanea dari total sembilan Kelurahan, sudah lima Kelurahan yakni kelurahan, Teling Atas, Ranotana Weru, Pakowa, Karombasan Selatan dan Karombasan Utara yang sudah selesai. Untuk kelurahan wanea sementara, dan akan dilanjutkan untuk tiga Kelurahan yakni Tingkulu, Bumi Nyiur dan Tanjung Batu.(eboy)

Share This Post