Hotel IBIS Manado Kampanyekan Pengurangan Plastik Sekali Pakai

General Manager Hotel IBIS Manado, Afif Khairi sementara mempresentasikan pengurangan plastik sekali pakai

Manadosiana.com, MANADO – Hotel IBIS City Center Boulevard mulai berupaya mengurangi penggunaan plastik dengan program Free Single Used Plastics. Pengurangan penggunaan botol plastik dan sedotan plastik di kampanyekan Hotel IBIS Manado saat press conference, Kamis (11/4/2019) di IBIS Kitchen Restaurant.

Adapun dasar kampanye tersebut, sebagai upaya mengurangi sampah plastik. Termasuk meningkatkan kesadaran akan bahaya penggunaan produk plastik. Hal itu sesuai dengan larangan penggunaan plastik sekali pakai. Contohnya, kantong plastik, sedotan, pengaduk kopi, botol soda, dan air. Sebelumnya, Pemerintah Sulawesi Utara (Sulut) sudah pernah mendeklarasikan kemasan makanan tanpa plastik pada 4 April 2018, dimana bagian dari program AccorHotel Planet 21.

Planet 21 sendiri merupakan salah satu program dari AccorHotel yang berhubungan dengan ramah lingkungan serta menjaga kelangsungan hidup Bumi dengan berbagai hal-hal kecil. Diantaranya, mengurangi penggunaan botol plastik dan sedotan plastik di Hotel.

Water jug yang disediakan hotel IBIS Manado

Sementara, General Manager Hotel IBIS Manado, Afif Khairi menegaskan
hotel IBIS Manado telah berkomitmen benar-benar berusaha mengurangi sampah plastik. Buktinya, ada beberapa langkah yang telah dilakukan. Mulai dari menyediakan water jug / cerek air di setiap kamar dalam keadaan terisi dan masih segel sebagai ganti botol plastik air mineral sekali pakai. Dimana, water jug bisa diisi ulang dengan air mineral yang tersedia di dispenser setiap koridor.

Selain itu, untuk memudahkan para tamu kamar, maka disediakan staf untuk melayani dalam membantu mengisi ulang water jug yang sudah kosong. Namun, apabila tamu tetap ingin menggunakan air mineral botol plastik, pihak Hotel IBIS Manado tetap menyediakannya. Sedangkan, sedotan plastik di restoran tidak lagi disediakan. Alasannya, sudah ada sedotan dari kertas ramah lingkungan sebagai pengganti plastik.

“Nah, untuk memudahkan tamu, kami mempersiapkan semua staf hotel untuk dapat menjelaskan tujuan dari pergantian sedotan maupun botol plastik. Bahkan, disetiap lantai, mulai lobi, meeting room, dan tiap lantai kamar kami berikan X-Banner terkait kampanye ini. Semuanya agar memudahkan para tamu mengerti program yang kami kerjakan sebagai mendukung kegiatan pemerintah. Yaitu, ramah lingkungan dan menjaga kelangsungan planet atau bumi kita,” kata Afif Khairi yang optimis pihak IBIS Manado dapat mengurangi pemakaian botol plastik sekali pakai di 2019 ini.

Dikesempatan itu, Kepala Dinas Pariwisata Sulut, Daniel Mewengkang menyampaikan sampah plastik tidak bisa di tolerir. Untuk itu, dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat dan pihak perhotelan di Sulut bisa secara bersama-sama memeranginya.

“Mengingat, jangan sampai di laut dipenuhi sampah plastik. Karena ini sungguh tidak baik. Jadi ini merupakan bagian dari meningkatkan wisata dengan lingkungan yang bersih. Untuk itu, marilah kita menjaga lingkungan kita,” katanya.

(Anes Tumengkol)

Share This Post