DPRD Gelar Rapat Paripurna APBD-P dan LPJ Akhir Masa Jabatan Periode 2014-2019


Manadosiana.com, MANADO – DPRD Kota Manado menggelar rapat paripurna dalam rangka pembicaraan tingkat II terhadap ranperda tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) Kota Manado tahun anggaran 2019.  Termasuk pembicaraan tingkat II terhadap ranperda tentang ketentraman dan ketertiban umum.

Selain itu, DPRD Manado juga menggelar laporan pertanggungjawaban akhir masa jabatan pimpinan dan anggota DPRD Kota Manado periode tahun 2014 – 2019, Senin (5/8/2019) di ruangan paripurna DPRD Manado.

Rapat paripurna tersebut dipimpin wakil ketua DPRD Manado, Denny Sondakh yang didampingi ketua DPRD Manado, Nortje Van Bone bersama wakil, Richard Sualang dan turut dihadiri Walikota Manado, Vicky Lumentut serta wakil, Mor Dominus Bastiaan.

Dikesempatan itu, Denny Sondakh memberikan waktu kepada Sekretaris DPRD Manado, Steven Rende untuk membacakan surat yang masuk.

Selanjutnya, ketua Pansus ranperda ketentraman dan ketertiban umum, Syarifuddin Saafa membacakan laporan pertanggungjawaban pansus. Dia mengatakan, sebelumnya pansus telah melakukan studi komparasi, konsultasi di biro hukum Sulut dan proses pembahasan dengan eksekutif serta turun lapangan.

Sementara ranperda APBD-P Kota Manado anggaran 2019 pun disetujui lewat penandatanganan nota kesepahaman antara pimpinan DPRD dan Walikota Manado.

Walikota Manado, Vicky Lumentut dalam pendapat akhir mengatakan, ketetapan dan penetapan kebijakan yang menghasilkan peraturan daerah merupakan bagian dari tahapan atau proses dengan tujuan menghadirkan perbaikan untuk masyarakat Manado. APBD-P Kota Manado 2019 akan menjadi pendorong pemerintah Manado dalam memenuhi target kerja.

“Sementara untuk perda ketentraman dan ketertiban umum ditujukan untuk menganti peraturan daerah no 18 tahun 2002 yang sudah cukup lama berlaku dan dipandang perlu disesuaikan dengan situasi dan kondisi dalam perubahan perkembangan,” kata Vicky Lumentut sambil mengucapkan terimakasih kepada semua pimpinan dan anggota DPRD yang sudah bekerja dengan baik dalam megawal ranperda tersebut.

Selanjutnya alat kelengkapan dewan (AKD) membacakan setiap laporan sejak masa jabatan 2014 -2019. Untuk Badan Anggaran (Banggar) dibacakan Benny Parasan, badan musyawarah (Bamus) Mona Cloer, Badan kehormatan (BK) Lilly Binti, dan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Yanne Lasut. Sedangkan laporan kerja komisi I – IV DPRD Manado masa jabatan 2014 – 2019 hanya diserahkan langsung tanpa dibacakan karena mengingat waktu.

Tiga agenda DPRD Manado tersebut menjadi penanda dari paripurna terakhir dari masa jabatan anggota dan pimpinan DPRD Manado periode 2014-2019.

(Anes Tumengkol)

Share This Post

Post Comment