Banyak Proyek Bermasalah, DPRD Manado Minta Perbaikan Sistem Tender

Nurrasyid Abdurrahman

Manadosiana.com, MANADO– Anggota Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Manado terkait Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Walikota Manado tahun anggaran 2017, Nurrasyid Abdurrahman, mengaku banyak sekali proyek bermasalah yang disebabkan oleh sistem tender yang kurang baik.

Dikatakan Nurrasyid, hal ini terlihat setelah pansus LKPJ melakukan beberapa kunjungan lapangan melihat pekerjaan proyek di sejumlah SKPD seperti Dinas Kesehatan dalam hal ini pekerjaan proyek pembangunan Puskesmas di beberapa titik.

Menurut Nurrasyid seharusnya ada perbaikan sistem tender dan penentuan jadwal tender yang tentunya akan mempengaruhi pekerjaan proyek yang akan dikerjakan tersebut.

“Gara-gara sistem tender yang kurang baik akibatnya banyak proyek yang baru mulai dikerjakan mepet dari batas waktu, karena penentuan pemenang tender juga sangat lama dilaksanakan. Ini tentu mempengaruhi kualitas pekerjaan bahkan bisa tidak selesai. Harusnya sistemnya dirubah menjadi lebih baik,” kata Ka Tune sapaan akrabnya.

Politisi PKS ini juga menyoroti para perusahaan yang ikut tender dan kemudian dimenangkan. Harusnya, mereka juga memikirkan kondisi dan resiko tender tersebut, sehingga tidak boleh lagi ada kata waktu mepet atau lain-lain.

Harusnya menurut anggota DPRD dari daerah pemilihan Tuminting Bunaken ini, para kontraktor sudah siap dengan konsekuensi apapun ketika ikut tender, walaupun tender yang dilaksanakan waktunya sempit dengan deadline kerja.

“Jadi selain dibina sistem tendernya, juga perlu ada perubahan siapa perusahaan yang dapat kontrak kerja. Jangan, malah Pemerintah dan Masyarakat dirugikan karena pekerjaan tidak sesuai spesifikasi atau tidak selesai pekerjaannya,” tutur Nurrasyid kembali.

(isa)

Share This Post