Bantuan Pemkot Manado Untuk Lansia Diklaim Sebagai Program Caleg

Kartu Lansia yang merupakan kartu bukti pengambilan bantuan dari Pemerintah Kota Manado

Manadosiana.com, MANADO– Bantuan untuk orang tua lanjut usia atau lebih dikenal dengan sebutan Lansia, awal tahun 2019 ini mulai disalurkan Pemerintah Kota Manado.

Bantuan untuk Lansia ini sendiri merupakan janji politik pasangan GS Vicky Lumentut dan Mor Dominus Bastiaan saat mencalonkan diri sebagai Walikota dan Wakil Walikota Manado 2015-2020. (Pilkada kemudian dilaksanakan 2016). Saat itu, pasangan yang diusung Partai Demokrat ini, memasukan janji bantuan untuk Lansia dalam program kampanye mereka.

Sayangnya, penyaluran bantuan yang dialokasikan lewat dana Bantuan Sosial ini, mulai disinyalir dimanfaatkan partai politik tertentu, dengan embel-embel jika bantuan dari anggaran daerah tersebut, sebagai program dari partai tersebut.

Hal inilah yang membuat sejumlah anggota DPRD Kota Manado mempertanyakannya. Pasalnya, para anggota DPRD Kota Manado ini menilai jika tidak etis partai tertentu mengklaim bantuan tersebut, mengingat yang mengesahkan program bantuan ini justru adalah seluruh partai politik di lembaga DPRD Manado.

“Dan ini jelas-jelas adalah uang negara bukan uang partai politik itu. Kami di DPRD Manado mendukung dan mengesahkan permintaan anggaran untuk lansia ini karena memang bermanfaat. Tetapi, jika kemudian diklaim milik satu partai, itu adalah pembohongan besar,” kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Manado, Markho B Tampi.

Hal senada disampaikan, Ketua Komisi A DPRD Manado, Royke Anter. Politisi Partai Demokrat tersebut menilai, jika program bantuan untuk lansia adalah program yang disetujui bersama di lembaga DPRD Manado, walaupun itu adalah janji kampanye dari Walikota dan Wakil Walikota yang diusung Partai Demokrat.

“Memang benar itu adalah janji kampanye pasangan Walikota dan Wakil Walikota yang diusung Partai Demokrat dan telah direalisasikan. Tapi, itu juga dibahas bersama oleh seluruh partai di DPRD Manado, jadi tidak bisa diklaim hanya satu partai saja,” kata Anter.

Sementara, Walikota Manado GS Vicky Lumentut menyebutkan jika pemberian bantuan untuk Lansia memiliki kriteria. Mulai dari usia yang harus diatas 65 tahun hingga lansia yang memiliki taraf ekonomi yang rendah.

“Saya mewanti-wanti agar penyaluran ini tepat sasaran,” kata Lumentut.

(isa)

Share This Post