DPRD Sulut Paripurnakan Pengesahan Perda Pajak dan Retribusi Daerah

Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw menyerahkan nota kesepahaman pengesahan Perda Retribus dan Pajak Daerah

Manadosiana.com, MANADO- Setelah melewati beberapa proses, akhirnya dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yakni Ranperda tentang Pajak Daerah dan Ranperda tentang Retribusi Daerah telah di tetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam Rapat Paripurna DPRD Sulut.

Rapat yang diselenggarakan Jumat 27 April 2018 sore hari ini, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw dan dihadiri Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw.

Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw didampingi Wakil-wakil Ketua DPRD Sulut Stevanus Vreeke Runtu, Marten Manopo dan Wenny Lumentut serta Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw memimpin Paripurna

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pengesahan Ranperda, Noldy Lamalo sendiri membacakan hasil pembahasan yang dilaksanakan untuk Ranperda Pajak Daerah mengenai revisi kedua atas Peraturan Daerah Provinsi Sulawesi Utara nomor 7 tahun 2011 tentang pajak daerah dimana ada peningkatan pajak daerah sebesar 7,5 persen.

Sementara, Dirk Marvel Makagansa dalam membacakan laporan pansus tentang perubahan kedua atas peraturan daerah provinsi Sulawesi Utara nomor 1 tahun 2012 tentang retribusi daerah, dimana ada delapan landasan yang menjadi dasar hukum.

Ketua Pansus Pajak dan Retribusi Daerah, Noldy Lamalo saat menyampaikan laporan Pansus.

“Diantaranya Pasal 12 struktur dan besaran tarif retribusi Kesehatan, pasal 17 obyek retribusi yang meliputi pemakaian tanah,bangunan, sumber daya mineral, laboratorium dan lain-lain,” ujar Makagansa.

Pansus berharap agar supaya, Ranperda tentang perubahan kedua atas peraturan daerah propinsi Sulawesi Utara nomor 1 tahun 2012 dapat memberi kontribusi bagi daerah serta memberi manfaat yang besar dari segi pendapatan maupun masyarakat dari segi pemanfaatannya.

Sekretaris Pansus Dick Makagansa saat memaparkan hasil Pansus

Sementara, seluruh fraksi di DPRD Sulut, yakni fraksi PDIP yang di bacakan Luciana Taroreh, Fraksi Golkar oleh Kristoforus Dekky Palinggi, Fraksi Demokrat oleh Billy Lombok, Fraksi Gerindra oleh anggota Fraksi Ainun Talibo, fraksi amanat Keadilan oleh Affan Mokodongan dan Fraksi Nurani untuk keadilan oleh Norry Supit menyatakan setuju bahwa dua Ranperda tersebut ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw saat memberikan sambutannya memberikan apresiasi kepada kedua pansus yang sudah membahas sehingga menghasilkan perda.

Wagub Sulut saat memberikan sambutan pada Paripurna Pajak dab Retribusi Daerah

“Walaupun sedikit dinilai terlambat dalam pembahasan, kami berikan apresiasi buat anggota Dewan Sulut, khususnya Pansus,” ucap Kandouw.

Ikut hadir dalam paripurna ini Sekprov Edwin Silangen, Sekwan Bartolomeus Mononutu, Unsur Forkopimda, Kepala-kepala OPD, dan para Staf di Pemprov dan Dewan Sulut.

(feko)

Share This Post