Panitia Lomba CCA Remaja se-Sulawesi Dilantik, Remaja Diharapkan Rajin Baca Alkitab

Manadosiana.com, Tomohon – Panitia Lomba Cerdas Cermat Alkitab (CCA) Remaja se-Sulawesi dilantik di gedung GMIM Baitani Matani, Wilayah Tomohon 1, Minggu, (26/5/2019). Kegiatan tersebut rencananya bakal digelar bulan September 2019.

Adapun yang menjadi penanggungjawab kegiatan adalah Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM, Komisi Pelayanan Remaja Sinode (KPRS) GMIM, Badan Pekerja Majelis Wilayah Tomohon 1. Sedangkan Penasehat, Wali Kota Tomohon, Penatua (Pnt). Jimmy F. Eman, SE.Ak., Ketua DPRD Tomohon, Pnt. Ir. Micky Liow-Wenur, MAP., dan Pnt. DR Juliana Dolvin Karwur, M.Kes., M.Si. Sementara Pengarah, KPRS GMIM Pokja Pengembangan Minat dan Bakat.

Untuk Ketua Panitia dipercayakan kepada Pnt. AKBP Thonny Manoppo Salawati, Wakil Ketua, Pnt. Dra. Vonny Rau-Paat, Sekretaris, Christo B. Eman, SE, Wakil Sekretaris, Pnt. Dra. Joula Mantiri-Liuw M.Si., Bendahara, Joice Yonggara-Worotitjan, Wakil Bendahara Pnt. Meilan Wondal-Rauw, SE.

Selain itu, panitia juga dilengkapi sejumlah seksi, sesuai kebutuhan. Ketua Badan Pekerja Majelis Wilayah Tomohon 1 yang juga Ketua Badan Pekerja Majelis Jemaat GMIM Baitani Matani, Pdt. Yulin Sagay-Karwur, S.Th yang melantik panitia. Dalam khotbahnya mengatakan, suatu kebanggaan untuk warga gereja di wilayah Tomohon 1 boleh dipercayakan menjadi tempat penyelenggaraan CCA Remaja se-Sulawesi.

“Bersyukur ada kegiatan CCA karena ini sudah kadang dibuat. Bersyukur karena kegiatan ini untuk memperkuat keberimanan para remaja. Kegiatan ini mengajak bahkan membuat supaya orang lebih banyak suka membaca Alkitab,” kata Pdt. Yulin Sagay Karwur.

Untuk itu, dirinya mengajak jemaat yang ada di Wilayah I Tomohon dan sekitarnya bisa menopang kegiatan ini. Terutama untuk kemanan dan kenyamanan para peserta maupun tamu. Hal itu dikatakan Pdt, Yulin, mengingat Sulut telah mendapatkan predikat toleran.

Sementara, Ketua Bidang Pengembangan Minat dan Bakat KPRS GMIM, Pnt. dr. Bonny Fieser Rompas yang mewakili Ketua KPRS Sinode GMIM, Pnt. dr. Michaela Elsiana Paruntu, menjelaskan, kegiatan lomba sebelumnya sudah dibicarakan di Konsultasi 2018 dan disetujui oleh Penatua-Penatua Remaja di aras sinode yang menjadi peserta Konsultasi. Rayon Tomohon dan Wilayah Tomohon 1 kemudian ditetapkan sebagai tuan dan nyonya rumah.

“Karena ini kegiatan perdana jadi kami pilih wilayah yang sudah berpengalaman. Ini pertama kali dilaksanakan.
Pokja Pengembangan Minat dan Bakat punya tujuan yang besar dari kegiatan ini. Kami ingin di era milenial yang penuh tantangan ini para pembina dan remaja mau tetap mencintai dan membaca Alkitab,”katanya.

Menurutnya, lewat kegiatan ini, kognitif remaja bisa dilatih. Karena ini perlu banyak waktu, belajar, menghafal, serta latihan. Tujuannya agar menciptakan remaja yang lebih baik lagi. Supaya memiliki kemampuan berpikir yang luar biasa untuk memimpin Gereja dan Negara nanti.

“Selain itu, kami ingin mengikatkan tali persaudaraan remaja gereja-gereja di Sulawesi, khususnya di GMIM. Agar mereka saling menopang, saling menguatkan. Terakhir, melalui kegiatan Lomba CCA Remaja se-Sulawesi kami berharap bisa ikut merangsang, mengajak seluruh gereja-gereja di Sulawesi agar bisa terus mendorong semangat  membaca, memahami Firman Tuhan dan mencintai Yesus,” ujarnya.

Dia pun percaya, kepercayaan yang telah diberikan ini akan bisa dieksekusi dengan baik oleh panitia. Sehingga, jika kegiatan ini sukses, tahun depan akan gelar tingkat nasional. “Karena kegiatan ini akan jadi prototipe, acuan.  Kami ingin remaja GMIM dapat menjadi berkat bagi banyak orang, bagi Indonesia,” ungkapnya.

Selesai ibadah, seluruh panitia yang dilantik langsung menggelar rapat perdana. Rapat dipimpin Ketua Panitia, Pnt AKBP Thonny Manoppo Salawati, didampingi Bidang Pengembangan Minat dan Bakat KPRS GMIM.

(***/Anes Tumengkol)

Share This Post