Tangga Evakuasi tak Ada, Kebakaran Inul Vista Renggut Banyak Korban

Manadosiana.com, MANADO – Kebakaran tempat karaoke Inul Vista yang menyebabkan 12 orang meninggal dunia, kembali membuka cerita lama mengenai tidak ada standar bakunya sebuah gedung yang banyak diakses pengunjung untuk memiliki tangga evakuasi sendiri.

Hal inilah yang juga terjadi di tempat karaoke milik pedangdut Inul Daratista ini. Tak adanya tangga evakuasi di lokasi yang setiap harinya dikunjungi oleh ratusan warga asal Sulawesi Utara tersebut, membuat proses penyelamatan yang dilakukan menjadi terhambat.

Sejumlah pengunjung yang berhasil selamat menceritakan jika mereka terpaksa saling dorong di satu-satunya jalan masuk dan keluar di gedung tersebut, saat kebakaran sudah diketahui.

“Kami berhamburan keluar. Karena jalan hanya satu, kami saling dorong untuk bisa lebih dulu sampai di tangga keluar. Tidak ada jalan lain. Ada pintu yang juga dikunci, jadi kami tak bisa ambil jalan lain,” kata Fio, pengunjung yang berhasil selamat.

Sementara Chen, pengunjung lain mengaku dirinya memilih memecahkan kaca jendela dan turun menggunakan gorden karena melihat situasi di satu-satunya jalan keluar sangat padat dan saling dorong.

“Kalau saya tidak cepat pecahkan kaca jendela pakai botol, mungkin saya sudah jadi korban lain. Asapnya sudah bikin pusing,” kata Chen.

Sementara Emby pengunjung lain mengatakan, banyak pengunjung terjebak karena akses jalan keluar hanya satu.

1 jalan lainnya yang sering digunakan pemilik Inul Vizta, terkunci. Asap hitam pekat terus mengepul mengisi seluruh ruangan yang ada di lantai 2 dan 3.

“Karena sudah panik, banyak yang coba keluar lewat jendela. Mereka pecahkan kaca dan turun dengan bergelantungan pada kain gorden yang disambung-sambung,” tutur Emby.

Emby sendiri juga mengaku melihat langsung bagaimana petugas pemadam kebakaran kesulitan melakukan evakuasi, karena memang tidak ada jalan lain selain jalan keluar masuk tadi.

“Petugas harus memecahkan kaca jendela luar supaya bisa masuk ke titik api yang ada di lantai 2. Jadi asapnya pekat sekali. Saya sempat naik ke lantai 2 tapi sulit bernafas memang. Orang pemadam juga tak bisa masuk, mereka masuk melalui jendela,” kata Emby kembali.

(21)

Share This Post