Pangdam XIII/Merdeka Tutup Latihan Pam Pemilu 2019

Manadosiana.com, GORONTALO – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka, Mayjen TNI Tiopan Aritonang menutup Latihan pengamanan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) Tahun 2019 Wilayah Kodam XIII/Merdeka yang bertempat dilapangan Upacara Korem 133/Nani Wartabone, Provinsi Gorontalo, Jumat, (08/02/2019).

Dalam amanat Pangdam XIII/Mdk Mayjen TNI Tiopan Aritonang menjelaskan tentang Tupok TNI sesuai yang tercantum dalam UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

“Tugas Pokok TNI sesuai Undang Undang Nomor 34 Tahun 2004 adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta melindungi segenap bangsa Indonesia. Salah satu dari tugas tersebut adalah melaksanakan bantuan kepada Pemda dan Polri (atas permintaan) dalam menjaga kedaulatan NKRI dari ancaman disintegrasi bangsa dan ancaman lainnya yang dapat mengganggu pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Presiden Tahun 2019.” Kata Pangdam.

Oleh karena itu, lanjut Pangdam, setelah latihan ini, Prajurit TNI di wilayah Kodam XIII/ Merdeka dituntut mampu setiap saat melaksanakan tugas perbantuan tersebut secara profesional, berhasil dan berdaya guna.

“Seluruh materi yang telah dilatihkan, baik teori maupun praktek, hendaknya dijadikan referensi dan pedoman dalam setiap kegiatan Pengamanan Pemilu 2019.” tuturnya.

Lebih lanjut, Pangdam tegaskan bahwa dalam melaksanakan tugas perhatikan larangan larangan dalam pengaman ini.

“Satu hal yang harus kalian camkan baik-baik, perhatikan batasan-batasan yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan selama melaksanakan tugas Perbantuan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden Tahun 2019, karena pada prinsipnya Prajurit TNI harus netral,” semburnya.

Untuk itu, Pangdam mengharapkan agar para prajurit harus tetap pegang loyalitas tegak lurus.

“Pahami tugas kalian dengan sebaik-baiknya. Pegang teguh hirarki dan rantai komando, karena pada prinsipnya status kalian adalah BKO Polri, sehingga setiap tindakan kalian harus selalu berdasarkan pada Protap BKO.” Harap Mayjen TNI Tiopan

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bapak Gubernur beserta segenap Forkopimda Gorontalo, Kapolda Gorontalo beserta jajaran, Danrem 133/Nani Wartabone, Danlanal Gorontalo, Dansatrad 224 Kwandang, Para Bupati/Walikota se-Gorontalo, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu seProvinsi Gorontalo; Para Asisten, Kabalak, Dansat jajaran Kodam XIII/Merdeka. (Kapendam XIII/Mdk Kolonel Kav M Jaelani)

Share This Post