Indeks Kota Toleran, Manado Turun Peringkat, Tomohon Masuk 10 Besar

Pemandangan Gunung Lokon di Kota Tomohon. Kota Tomohon pada tahun 2018 masuk 10 besar Kota Toleran di Indonesia

Manadosiana.com, MANADO– Kota Manado mengalami penurunan peringkat pada penilaian Indeks Kota Toleran (IKT) 2018, yang diselenggarakan Setara Institute. Kota Manado yang pada tahun 2017 berada di peringkat pertama, kini tinggal menempati peringkat keempat.

Dengan skor 6,030, Manado kalah dari Pematang Siantar (6,280), Salatiga (6,447) dan Singkawang di peringkat pertama dengan skor 6,513. Namun demikian, Kota Manado mengalami peningkatan indeks dari tahun 2017 yang hanya meraih total skor 5,90.

Sementara itu, Kota Tomohon wakil dari Sulawesi Utara lainnya, berhasil menempati posisi ketujuh atau masuk 10 besar, dengan skor 5,833. Kota Tomohon berhasil masuk 10 besar ini merupakan prestasi, karena tahun 2017 lalu, mereka tidak berada di 10 besar kota toleran.

Ketua Setara Institute, Hendardi saat memaparkan hasil penilaiannya di Jakarta, seperti dikutip dari Tempo.co, mengatakan penilaian IKT bertujuan mempromosikan kota-kota yang mampu mengedepankan toleransi di Indonesia, sehingga bisa memicu kota lain untuk mengembangkan toleransi di daerahnya.

Setara menyusun peringkat kota paling toleran berdasarkan praktik-praktik toleransi di kota-kota di Indonesia. Beberapa poin yang diamati ialah kebebasan beragama da berkeyakinan, kesetaraan gender serta inklusi sosial dijamin dan dilindungi UU. Selain itu, pernyataan dan tindakan aparatur pemerintah kota terkait toleransi ikut diperhatikan.

(isa)

Share This Post