MayDay, Ini 17 Tuntutan Buruh Sulawesi Utara

Para buruh yang saat menggelar aksi

Manadosiana.com, MANADO– Senin 30 April 2018, sehari sebelum Hari Buruh atau dikenal dengan istilah May Day, ratusan buruh yang tergabung dari DPC F-KUI SBSI Manado, DPC FSB Nikeuba Manado, DPC FSB Kamiparho Manado, DPC FTA SBSI Manado, DPC F-Kikes SBSIManado, DPC FSB Kamiparho Bitung, DPC F-Kui SBSI Bitung, DPC FTA SBSI Bitung, DPC FSB Nikeuba Minut, DPC F-Kui Minsel, DPC F-Kamiparho Minahasa, DPC F-Kui SBSI Tomohon dan DPC F-Kui Bolmong yang bernaung dalam KSBSI Sulut menggelar aksi demo damai.

Dalam aksi demo damai yang digelar di 3 titik lokasi yakni kantor Gubernur Sulut, kantor DPRD Kota Manado dan Kantor DPRD Provinsi Sulut, para buruh menyuarakan 17 tuntutan. Adapun tuntutan yang disampaikan para buruh adalah:

Mencabut Peraturan Presiden (PP) 78 tahun 2015 tentang pengupahan, tolak upah murah, Tolak Outsourcing dan buruh kontrak, tindak dan penjarakan pengusaha yang melakukan pemberangusan serikat buruh (Union Busting), tindak dan penjarakan pengusaha nakal, tarik kewenangan pengawasan Provinsi menjadi kewenangan Kementrian.

“Kami juga meminta agar Gubernur mencopot Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulut yang tak bisa menerjemahkan instruksi Gubernur di bidang Ketenagakerjaan,” teriak para pendemo.

Tuntutan lainnya adalah menolak pekerja asing non skoll, realisasikan rumah murah untuk buruh, segera membentuk LKS Triparit Sulut, segera SK kan dewan pengupahan Sulut, tolak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak yang dilakukan PT Sukanda Djaya, tindak dan penjarakan pimpinan PT Sukanda Djaya yang diduga menjual produk kadaluarsa,periksa penerapan hak-hak normatif ketenagakerjaan di PT Conch dan sub kotraktornya yang tidak sesuai dengan Undang-Undang (UU), tolak PHK sepihak yang dilakukan pimpinan Hotel Sahid Kawanua.

“Kami juga mendesak segera membentuk Tim Khusus (Timsus) menyelesaikan persoalan di PT Conch dan Sub kontraktornya sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” kata pendemo kembali.

(Feko)

Share This Post