Liverpool Susul Madrid di Final Liga Champions Eropa

Manadosiana.com, ROMA– Kekalahan Liverpool atas AS Roma 4-2 pada leg kedua Semifinal Liga Champions Eropa, Kamis 3 Mei 2018 dini hari tadi, tetap mengantarkan The Kop melaju ke Final Liga Champions untuk berhadapan dengan Real Madrid.

Pemain Liverpool, James Milner dan Loris Karius

Liverpool berhak lolos karena unggul agregat 7-6 dari Roma, setelah pada leg pertama, Liverpool menang 5-2. Dengan demikian, partai Final Liga Champions Eropa musim ini akan melangsungkan laga 2 tim klasik di Kiev Ukraina, 26 Mei 2018 mendatang.

Laga antara AS Roma melawan Liverpool langsung seru. Apalagi AS Roma yang mencoba mengejar defisit gol, tampil penuh gebrakan. Liverpool pun tak mau kalah. Saling jual serangan pun terjadi. Menit ke 9, Sadio Mane berhasil membawa Liverpool unggul cepat.

Namun, 6 menit kemudian, kemelut yang terjadi di depan gawang Liverpool membuat para bek Liverpool membuat kesalahan. Karena panik, Van Dijk yang menyapu bola, justru mengarah ke kepala James Milner yang membuat bola memantul deras ke gawang Liverpool. 1-1 skor dan agregat menjadi 6-3.

Lagi-lagi, Roma kecolongan. Pada menit ke 26, berawal dari tendangan bola mati, bek Roma justru salah membuang bola dan malah mengarah ke Wijnaldum yang langsung ditanduk dengan mudah ke gawang Roma. 2-1 untuk Liverpool.

Pasca gol tersebut, AS Roma yang terus-terusan mengejar justru mengalami kebuntuan. Ketidaksabaran para pemain Roma, membuat semua tendangan mereka justru tak mengarah ke gawang Liverpool. Babak pertama berakhir dengan skor 2-1 untuk tim tamu Liverpool.

Babak kedua, pelatih Roma, Eusebio di Fransesco mengubah taktik. Mereka lebih bermain dengan penguasaan bola. Terbukti dengan penguasaan bola dikuasai hingga 60 persen. Dan taktik ini berbuah manis, serangan cepat yang dilakukan Stephen El Sharaawy yang diakhiri dengan tendangan memang masih mampu diblok Loris Karius. Tapi bola menuju ke Edin Dzeko yang langsung menggetarkan jala Liverpool. 2-2.

Kontroversi sempat terjadi saat bek Liverpool Diego Lovren menahan bola dengan tangan saat El Sharaawy tinggal menceploskan bola hasil kemelut di depan gawang Liverpool. Sayang, wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran.

Laga kemudian tetap berjalan dengan Roma menguasai jalannya pertandingan. Menit ke 86, tendangan First Time Radja Nainggolan membuat Karius terpesona karena bola yang ditendang menyusuri tanah sebelum menghantam tiang dan memantul ke tiang sebelahnya sebelum masuk. 3-2 untuk Roma.

Di menit injury tim, Serangan cepat Roma kembali berbuah hasil. Lovren kembali menahan bola dengan tangan. Sayangnya wasit hanya memberikan tendangan pinalti tanpa memberikan kartu merah. Nainggolan yang menjadi eksekutor tanpa ampun menendang ke gawang Liverpool. Skor menjadi 4-2.

Sayangnya, usai pinalti tersebut, wasit langsung meniup tanda laga berakhir dengan kemenangan Roma 4-2, tetapi Liverpool yang berpesta karena menang agregat 7-6.

(isa)

Share This Post