Indeks Pembangunan Manusia Wilayah Kepulauan Lebih Baik dari Bolmong Raya

Tarian Tulude asal wilayah Kepulauan di Sulawesi Utara yang merupakan tarian ungkapan syukur

Manadosiana.com, MANADO– Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kian meningkat sejak tahun 2010. Indeks Pembangunan Manusia merupakan pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup masyarakat.

Dari data yang diperoleh, Indeks Pembangunan Manusia wilayah Sulawesi Utara pada tahun 2010 berada di angka 67,83 dan terus meningkat hingga tahun 2017 yang mencapai angka 71,66.

Namun, ada yang menarik dari data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik terkait dengan Indeks Pembangunan Manusia di wilayah Kabupaten dan Kota di Sulawesi Utara. Tercatat jika warga daerah kepulauan ternyata memiliki Indeks Pembangunan Manusia yang lebih baik dari beberapa daerah yang ada di kawasan Bolaang Mongondow Raya.

Indeks Pembangunan Manusia terendah di wilayah Sulawesi Utara justru ada di 3 daerah yang berada di kawasan perbatasan dengan Provinsi Gorontalo, yakni Bolaang Mongondow Selatan (64,05), Bolaang Mongondow Timur (64,73) dan Bolaang Mongondow Utara (65,6).

Sementara, daerah kepulauan yang selalu identik dengan daerah tertinggal, justru memiliki Indeks yang lebih baik. 3 daerah kepulauan masing-masing Kepulauan Sitaro, Kepulauan Talaud dan Kepulauan Sangihe justru memiliki IPM di kisaran angka 66 hingga 69.

IPM daerah kepulauan sendiri, mendekati angka IPM secara keseluruhan Sulawesi Utara yang mencapai 71,66. Kota Manado sendiri menjadi yang tertinggi dengan angka 78,05.

(isa)

Share This Post